Translate

Selasa, 15 April 2014

10 DOs and DON’Ts dalam Membuat Desain Logo Perusahaan







DoDont
Untuk menjadi desainer logo perusahaan yang profesional, Anda tidak bisa membuat logo perusahaan sesuka hati Anda. Anda perlu memperhatikan semua hal-hal dasar dan juga hal-hal kecil. Banyak sekali desainer logo perusahaan yang melupakan hal-hal dasar dalam pembuatan logo perusahaan, alhasil logo perusahaan yang dihasilkan hanya menarik tetapi tidak memiliki arti atau bahkan bosan dilihat. Jika Anda berpikir bahwa pembuatan logo perusahaan adalah sesuatu yang mudah dan dapat Anda jadikan sebagai selingan, Anda salah total. Pembuatan logo perusahaan yang memuaskan klien merupakan hal yang sangat sulit. Dalam pembuatan logo perusahaan diperlukannya pemikiran yang baik, masukan dari klien serta perencanaan yang sistematis. 
Lalu, bagaimana cara membuat logo perusahaan yang menakjubkan? Apa saja yang boleh Anda lakukan? Dan apa saja yang tidak boleh Anda lakukan? Inilah beberapa tips apa yang harus Anda pertimbangkan saat pembuatan desain logo perusahaan. Hal yang boleh Anda lakukan saat membuat desain logo perusahaan:
1. Buatlah Sederhana nike

Mungkin Anda sudah bosan mendengar “keep it simple”. Hal ini memang sudah tidak asing didengar, tetapi hal ini merupakan hal yang harus terus Anda tegakkan sebagai seorang desainer. Tidak hanya dalam pembuatan desain logo perusahaan, semua pembuatan desain apapun Anda harus tetap berpegang dalam prinsip ini. Dengan membuatnya sederhana, hal tersebut akan membuat logo perusahaan Anda lebih mudah untuk diidentifikasi. Sebagai contohnya adalah logo Nike. Logo nike merupakan logo yang sangat sederhana. Walaupun tidak ada keterangan apa yang dijual dan tidak ada brand name disana, saat melihat logo ini semua orang sudah tahu bahwa logo ini merupakan logo Nike. Selain Nike, mari mencoba untuk membayangkan logo yang sering kita lihat dan menjadikannya sebuah logo yang minimalis. Sebagai contoh, bagaimana pendapat Anda jika logo klub sepak bola terkenal dibuat menjadi minimalis? Sebuah studio desain Palestina, Manara membuat koleksi logo minimalis dari berbagai klub sepak bola terkenal di dunia seperti Manchester United, Barcelona, AC Milan, Real Madrid. Bagaimana? menarik bukan? Keren! Kumpulan Logo Minimalis Klub Sepakbola Terkenal 1 Keren! Kumpulan Logo Minimalis Klub Sepakbola Terkenal 7 Keren! Kumpulan Logo Minimalis Klub Sepakbola Terkenal 6 Keren! Kumpulan Logo Minimalis Klub Sepakbola Terkenal 4

2. Buatlah Dinamis sabayon Hal ini juga merupakan hal dasar dan tidak kalah penting dalam membuat desain logo perusahaan. Jika Anda memiliki bentuk logo yang bagus tetapi tidak dinamis dengan tulisan atau warnanya, maka logo tersebut tidak akan menjadi baik. Sebuah logo harus terlihat dinamis. Hal tersebut tidak berarti anda harus merubahnya setiap minggu, tetapi anda harus menjadikannya terlihat dinamis dengan pendekatan fleksibel. Dengan membuat logo yang dapat menarik beragam spektrum pengguna, Anda akan berhasil mengundang pelanggan yang memiliki jenis selera dan preferensi yang beragam pula.

3. Buatlah Serbaguna
apple-logo-versatile
Saat anda membuat logo perusahaan, janganlah membuat dengan satu perspektif. Anda harus dapat menampilkan logo tersebut dengan banyak warna tetapi tetap menjadi bentuk yang dinamis. Lihatlah logo Apple. Apple terlepas dari skema warna tertentu, sehingga saat dipadukan dengan warna apapun, logo ini akan tetap menjadi dinamis.

4. Buatlah Menjadi Unik
Sebelum membuat logo, tentunya Anda harus memiliki perencanaan apa yang akan Anda buat. Dan pasti Anda harus menemukan jawaban dari ‘bagaimana logo dapat membuat brand menjadi terkenal?’ Jawaban inipun sangat sederhana, yaitu buatlah logo yang unik. Sekali lagi, mari kita ambil contoh Apple. Logo Apple diambil dari bentuk buah apel. Tetapi, apa uniknya dari sebuah apel? apple-full apple-macbook Jika melihat bentuk apel apa yang Anda pikirkan? Enak? Menyehatkan? Mungkin saja. Tetapi apa unik? Tidak sama sekali. Sekarang, bagaimana kita sedikit mengubahnya dengan menggigit ujung apel tersebut? Apa tetap tidak unik? Tentu saja hal itu termasuk hal yang unik. Pada intinya dari cerita Apple tersebut, hanya dengan perubahan kecil saja dapat mengubah bentuk apel yang membosankan menjadi salah satu logo yang paling terkenal di dunia saat ini. Hal tersebutlah bagaimana seseorang mencapai keunikan. Daripada Anda berpikir keras untuk menjadikan sesuatu yang unik, lebih baik Anda mencoba hal yang kecil dan berpikir out of the box.

5. Buatlah Bermakna
Saat klien datang dan ingin Anda membuatkan logo perusahaan, mereka akan datang dengan sejuta ide. Mereka akan meminta Anda untuk membuat sebuah logo yang keren dan mind-blowing. Tetapi, Anda juga harus dapat menyajikan sebuah logo yang bermakna. Bahkan, tidak sedikit klien yang lebih memilih desain logo perusahaan yang sederhana tetapi bermakna dibandingkan hanya sepotong karya seni yang tidak bermakna. Anda harus pikirkan apa peran warna dalam logo Anda, apa peran bentuk dalam logo Anda, lalu bagaimana logo yang baik, mana logo yang buruk, dan beberapa hal lainnya. Sebagai contoh mari kita ambil contoh logo Toyota.
toyota
Logo Toyota tidak sekedar gabungan dari tiga bentuk oval, tetapi menurut Toyota, masing-masing oval tersebut memiliki arti tersendiri. Oval pertama dan kedua yang berbentuk T itu mewakili iman dan kepercayaan antara perusahaan dan pelanggan, sedangkan oval ketiga yang mengelilingi oval pertama dan kedua memiliki arti rencana ekspansi global Toyota yang mengekspresikan jangkauan tak terbatas perusahaan tersebut. Selain Toyota, juga terdapat beberapa perusahaan yang memiliki makna tersembunyi di balik logonya2008-logoamazon
Contoh lainnya adalah Amazon. Jika anda perhatikan, logo Amazon memiliki panah dari huruf A ke huruf Z. Panah tersebut tidak hanya terlihat seperti senyuman yang berarti kepuasan dari pelanggan, tetapi panah tersebut juga memiliki arti bahwa Amazon memiliki keragaman produk yang tak terbatas dari A-Z.

Hal yang tidak boleh Anda lakukan saat membuat desain logo perusahaan:
1. Jangan Meremehkan Warna


esettlement-solutions
Warna merupakan salah satu atribut penting dalam logo. Dalam pembuatan logo perusahaan, Anda harus bisa menyaring warna yang Anda inginkan. Anda tidak bisa meremehkan kekuatan skema warna. Warna memiliki kekuatan untuk mempengaruhi perasaan dan emosi. Idealnya pilihan warna harus dibuat atas dasar target pelanggan. Anda harus pertimbangkan usia, jenis kelamin bahkan orientasi target pelanggan Anda. Selain itu, Anda juga harus bisa menguak sisi psikologi dibalik logo yang Anda buat.

2. Jangan Terlalu Berinovasi
opera
Inovasi memang merupakan hal yang indah, dan kemampuan suatu inovasi memang tidak terbatas. Tetapi Anda juga tidak boleh lupa untuk tetap menjadikannya sederhana dan siap untuk memotong ke tidak terbatasannya suatu inovasi yang Anda buat. Anda harus tetap mengingat, bahwa logo merupakan identitas suatu perusahaan, bukan karya seni. Sebagai contoh, Anda dapat melihat logo Opera.    Huruf O berwarna merah sudah diketahui orang-orang bahwa itu merupakan logo Opera. Tetapi, jika dilihat dengan seksama, apa arti inovasi bayangan dibalik huruf O berwarna merah tersebut? Tidak ada artinya sama sekali dan hanya ingin mengambarkan suatu inovasi, walaupun inovasi tersebut terasa salah.

3. Jangan Meremehkan Tipografi
coca-cola
Sama seperti warna, tipografi merupakan atribut yang penting dalam pembuatan logo perusahaan. Tipografi yang indah memang merupakan kunci dari logo yang menakjubkan. Tetapi Anda harus tetap mengingat, Anda tidak bisa asal memilih tipografi. Pada zaman sekarang, jenis tipografi dapat di-download secara mudah di internet, sehingga Anda harus bisa memilah dengan benar. Lebih baik lagi jika anda dapat membuat tipografi buatan Anda yang unik sehingga dapat membedakan logo Anda dengan yang lainnya.

4. Jangan Mudah Diprediksi
lion-bird
Pada dasarnya, pastikan logo Anda tidak mudah diprediksi. Hal ini akan membuat orang-orang ingin melihat lebih dalam untuk mengetahui apa arti dibalik logo Anda. Sebagai contoh, mari kita lihat logo Lion Bird. Saat pertama kali Anda melihat logo ini, apa yang anda lihat? Seekor burung berwarna – warni bukan? Sekarang coba lihat lebih dekat. Apa yang Anda lihat? Anda akan melihat wajah seekor singa. Sederhana tetapi mengecoh bukan?.

5. Hindari Klise
gap
Saat klien datang meminta Anda untuk membuatkan mereka logo perusahaan, Anda dibayar untuk membuat desain logo perusahaan yang unik. Oleh karena itu, anda harus memikirkan pula mengenai perkembangan zaman. Desain logo hampir mirip dengan saham. Terkadang mereka turun terkadang mereka naik. Dan jangan sampai anda menemukan logo yang mirip dengan logo anda entah itu setahun atau du tahun kemudian.
Danamon-dan-Bausch-Lomb-Logo-1-560x395
Sebagai contoh, bagaimana tanggapan anda atas kemiripan logo Bank Danamon dengan logo Bausch & Lomb? Konsep mercu suar logo Bank Danamon telah dibuat sejak tahun 2002 sebelum adanya pathways logo pada Bausch & Lomb yang dibuat tahun 2004, dua tahun sesudahnya. Walaupun tidak mirip 100%, tetapi jika dilihat sekilas kedua logo sangat mirip. Untuk itu, Anda harus menghindari klise dan memberikan logo yang unik seperti yang mereka harapkan saat mendatangi anda. Mudah bukan? Dengan adanya lima tips untuk masing-masing apa yang harus Anda lakukan dan Anda tidak lakukan dalam pembuatan desain logo perusahaan, akan mempermudah anda untuk menghasilkan logo perusahaan yang disukai klien.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar